Jumat, 16 Maret 2012

Berbagai Dampak Games

Games mempunyai bagitu banyak sisi positif maupun sisi negatif. Dalam era-globalisasi ini, games begitu berkembang semakin hari semakin canggih. Dengan semakin canggihnya permainan - permainan yang ada, maka anak-anak pun akan semakin tertarik dengan games tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua bukannya melarang anak-anak untuk main games akan tetapi malah mendampingi atau sekedar membatasi jam main anak sehingga anak dapat tetap mengerjakan kewajibannya.
Berikut adalah berbagai dampak yang ditimbulkan dari bermain games bagi orang banyak terutama anak-anak.


Dampak Positif :

1. Dengan bermain games, seseorang/anak-anak bisa mengekspresikan keinginannya lewat games. Sehingga mereka tidak akan merepotkan atau mengganggu orang lain.
2. Dengan bermain games, terutama anak-anak, mereka bisa bermain sambil belajar.
3. Dengan bermain games, tanpa sadar mereka telah meningkatkan kerja otak kanan dan otak kirinya dengan seimbang.
4. Dengan bermain games, tanpa sadar pula, mereka sudah meningkatkan rasa sportifitas kepada orang lain yang berguna bagi kehidupannya di dunia nyata.
5. Dengan bermain games, seseorang/anak-anak bisa menggantungkan rasa lelahnya walaupun hanya sebentar, sehingga menaikkan mood mereka.



Dampak Negatif :

1. Dengan bermain games, seringkali anak-anak sekolah lupa belajar atau mungkin sengaja tidak belajar demi menyelesaikan misi yang ada pada game itu.
2. Seringkali anak-anak lupa waktu sehingga melupakan kewajiban mereka.
3. Dengan bermain games, anak-anak menjadi kurang sosialisasi sehingga mengurangi komunikasi dengan teman maupun keluarga mereka.




Inilah dampak-dampak baik positif maupun negatif yang dapat ditimbulkan dari bermain games. Oleh karena itu, hendaknya orang tua lebih mengawasi anak-anak terutama soal waktu.
Good Luck buat para Orang Tua yaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar